Pengaruh Pemadatan Tanah Dasar Terhadap Stabilitas Pondasi Dangkal pada Proyek Pembangunan Jalan Desa

Authors

  • Suhardi Universitas Medan Area Author
  • Femanueli Zega Universitas Medan Area Author
  • Kamaluddin Lubis Universitas Medan Area Author

DOI:

https://doi.org/10.64123/mjirts.v1.i1.5

Keywords:

pondasi dangkal, tanah dasar, stabilitas, proyek jalan desa

Abstract

Stabilitas pondasi dangkal sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah dasar, terutama pada proyek pembangunan jalan desa yang umumnya berada di atas tanah lempung atau tanah berorganik dengan daya dukung rendah. Pemadatan tanah dasar menjadi salah satu metode perbaikan tanah yang paling umum diterapkan untuk meningkatkan kapasitas dukung tanah dan mengurangi penurunan diferensial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pemadatan tanah dasar terhadap stabilitas pondasi dangkal pada proyek pembangunan jalan desa di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksperimental lapangan dengan uji pemadatan (Proctor), uji CBR, dan pengamatan langsung deformasi struktur pondasi setelah diberi pembebanan. Variasi tingkat pemadatan dibuat sebesar 85%, 90%, dan 95% dari Modified Proctor Maximum Dry Density (MDD), dan masing-masing dievaluasi terhadap stabilitas pondasi berupa daya dukung dan penurunan. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan pemadatan dari 85% ke 95% menghasilkan peningkatan daya dukung sebesar 35% dan penurunan total berkurang hingga 50%. Studi ini menunjukkan pentingnya pengendalian kualitas pemadatan dalam proyek perkerasan jalan, terutama pada kondisi tanah dasar yang lemah. Rekomendasi teknis terkait metode pemadatan dan nilai target kepadatan disampaikan untuk digunakan pada proyek pembangunan jalan skala desa guna meningkatkan keandalan struktur dan umur layanan jalan. 

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Pemadatan Tanah Dasar Terhadap Stabilitas Pondasi Dangkal pada Proyek Pembangunan Jalan Desa. (2025). Momentum Jurnal Inovasi Dan Rekayasa Teknik Sipil (MJIRTS), 1(1), 28-34. https://doi.org/10.64123/mjirts.v1.i1.5